Melukis Perbedaan, Menuai Perubahan


Di zaman mahasiswa dulu, ada yang memberitahuku kalau tersedia rumah kost 5 kamar dengan tarif termurah. ternyata setelah dilihat, pembawa berita mengatakan kalau 5 kamar isinya kamar mandi semua. bila dalam dunia canda saja tidak ada yang seragam, apalagi dalam kenyataan. serupa tim sepak bola, hidup kaya warna.

Di dalam diri ada perbedaan (senang-sedih, suka-duka), di luar diri juga ada perbedaan. Lebih mudah melangkah dalam kehidupan, bila manusia di dalamnya tidak serakah. terutama tidak serakah hanya mau senang, tidak mau sedih. suka-duka serupa putaran siang-malam yang tidak bisa dilawan. Semakin dilawan kehidupan semakin meradang. Oleh karena itulah orang bijaksana berhenti melawan dan belajar mengalir. mengalir dengan panggilan kehidupan sebaik-baiknya.

Bermodalkan kemampuan melukis perbedaan di dalam diri, kemudian baru mungkin lahir kecermatan melukis pelangi di luar diri. Jangankan perbedaan antar organisasi, dalam keluarga kecil pun perbedaan ada. Bila istrinya cerewet biasanya suaminya pendiam. Tempat kerja juga serupa. Atasan yang pemarah merindukan asisten penyabar. Pemilik yang mata duitan memerlukan pengimbang berupa pemimpin yang peduli.

Ini tidak saja hukum alam, namun juga jalan-jalan kesempurnaan. Perhatika alam sebagai wakil kesempurnaan, ia melukis keindahan melalui berlimpah perbedaan. Mungkin itu sebabnya, di tengah hamparan paradoks, ada yang menulis “There must be someone who painting the rainbow!” Biar perbedaan tidak selalu bermuara pada pertengkaran, serupa pelangi, kinerja perusahaan memerlukan tangan terampil untuk merangkai perbedaan.

[Gede Prama – 2009]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: