Welcome to the Jungle!


Welcome to the Jungle!

Beberapa waktu terakhir ini, hari-hari saya dan teman-teman seperjuangan di Administrasi FISIP UI memulai kehidupan baru di tahun yang baru, hidup dalam lingkup baru, suasana baru, dan mental baru. Pengalaman baru ini yaitu MAGANG. Memang untuk saya pribadi magang bukanlah suatu hal yang teramat baru, karena sebelumnya memang saya sudah pernah mencoba apa yang disebut magang. Namun kali ini berbeda dengan magang biasa, karena ini adalah magang akademis, dimana saya dan semua peserta magang Jurusan Administrasi lainnya berusaha memburu nilai sebaik-baiknya di semester akhir ini. Magangnya boleh berbeda, tapi mungkin maasssiiihhh banyak hal yang bisa jadi sama.

Sepertinya saya tidak perlu mendeskripsikan lebih jauh perihal magang akademis yang sedang berjalan ini, toh kalian pun mengalaminya, bukan?! Ya, setiap sabtu kita selalu setor muka di jurusan, dan setor laporan mingguan magang juga tepatnya. Biasanya sabtu itu menjadi ajang temu kangen per minggu untuk saya dan teman-teman, untuk sekedar berbagi cerita tentang kehidupan permagangan, suasana kantor, kemacetan lalu lintas yang padat di ibukota yang harus dijumpai setiap harinya, tugas dan pekerjaan yang menumpuk dan terkadang bagai teka-teki yang sulit terpecahkan, atau cerita mengenai rekan-rekan di kantor.

Pembicaraan tentang rekan di kantor ini nih yang biasanya jadi topic yang menduduki rating teratas, atau kalau di forum-forum gitu yang biasa dibilang hot-thread. Cerita tentang rekan kerja memang nggak selamanya berupa cerita baik, bias juga lho cerita yang kurang mengenakkan. Contohnya sama yang dialami sama salah seorang teman. Di kantor tempatnya magang, si teman ini cuma stu-satunya yang berstatus anak magang alias anak bawang. Emang nasib jadi anak bawang, nggak jarang si teman ini disuruh-suruh oleh karyawan tetap disana. Kalo kerjaan si teman tadi itu bagus dan sempurna, si karyawan tetap itu akan meng-klaim kepada si bos besar bahwa pekerjaan itu adalah hasil tangannya sendiri, bukan hasil si anak bawang tadi. Taapppiii, kalo pas kerjaan si anak bawang lagi agak kurang beres, buru-buru lah si karyawan tadi mengadu ke bos besar bahwa pekerjaan si anak magang itu nggak bener. Ironic!

Satu lagi nih cerita yang kurang enak didengar di telinga kita yang punya selera musik tinggi. Ada seorang teman yang bekerja dalam satu tim di kantornya. Teman yang satu ini pernah mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan dari kawan satu timnya yang lain. Bagaimana tidak, ketika itu si teman ini diminta untuk menyelesaikan suatu tugas oleh atasannya, sebelumnya si teman ini disuruh meminta contoh dan cara pengerjaannya dari rekan se-tim-nya itu. Naamunnn, tak disangka tak diduga, rekan satu tim-nya itu tidak mau memberikan contoh yang diminta si teman tadi. Do we still call it friend, huuh?!

Dari beberapa cerita yang saya bagi di atas, mungkin memang benar adanya ketika kita baru memasuki dunia kerja, maka benarlah pemeo dalam Bahasa Inggris yang sering kita dengar, welcome to the jungle!

What an irritating condition!

Because SOMETIMES, the only way to make us feel good is to make other feel bad.
[Homer Simpson]

Does it make us feel good in the end?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: